Thursday, July 16, 2020

Lyrics Generator dengan PHP

Halo Oke gaes lama gak update blog nih, karena lagi pada ibadah dari rumah, kali ini aku mau share aplikasi buat auto generate lirik buat di tempel di video, ama auto generate ayat alkitab sama buat di tempel di video juga.. karena berdasarkan pengalaman pribadi agak sedikit menyita waktu ya gaes kalo mau buat liriknya 1 persatu pake inkscape awalnya. emang bisa sih langsung dari Easy worship trus dikonek ke OBS tapi karena kebutuhan kita yang harus ngedit untuk disiarkan ke TV cable lewat USB jadi mau tidak mau harus buat liriknya satu persatu.

Okeh jadi dalam aplikasi ini hasilnya itu nanti, setiap penggalan-penggalan lirik akan di generate file png nya satu persatu, nah untuk setiap file itu hanya 2 baris lirik bisa di lihat di contoh berikut, sedangkan untuk menu yang lain ada verse generator fungsinya sama dengan lirik membuat file png untuk setiap ayat yang ingin di generate.

okeh... cara penggunaannya itu bisa dilihat di tutorial dibawah ini..

sedangkan untuk aplikasinya bisa di download disini.

tapi nih, aplikasi sederhana ini dibuat dari bahasa pemrograman PHP, nah untuk saat ini interfacenya itu pake web browser. jadi teman-teman harus install terlebih dahulu yang namanya XAMPP, bisa di download disini.

nah setelah selesai install.. kita jalankan dulu xampp, trus jalankan service apachenya, cobah deh buka browser (chrome, firefox, opera, ms edge dll) trus ketikan http://localhost/ nah kalau udah muncul tampilan berarti service apachenya itu udah jalan... sekarang kita tinggal copy dan extract file yang kita download tadi.

cari dimana folder xampp terinstall, biasanya sih langsung di C:/xampp/ nah setelah itu cari folder "htdocs", nah setelah di klik pastekan di folder tersebut file zipnya, setelah itu di extract. nah biasanya akan foldernya namanya "img_lirik", sekarang kita tinggal akses lewat browser (chrome, firefox, opera, ms edge dll), ketikan http://localhost/img_lirik/ jika sudah maka akan muncul tampilan seperti pada tutorial berikut.. selamat mencoba. Tuhan Yesus Memberkati.


No comments:

Post a Comment