Thursday, August 27, 2009

cengkeh: rerer sulut

dalam posting saya saat ini saya ingin memberitahukan beberapa informasi tentang cengkeh…

cengkeh merupakan suatu jenis tumbuhan yang tumbuh di daerah tropis yang mempunyai ciri berjenis tumbuhan keras, pohon tinggi daun rindang sampai ketanah, dan mempunyai buah kecil-kecil yang berbentuk panjang dan di atasnya terdapat bunga… cengkeh merupakan tanaman asli indonesia, namun didaerah manado (sulawesi utara) ada beberapa jenis cengkeh antara lain cengkeh lokal dan cengkeh sansibar (kalo dengan asal usulnya katanya sih di bawah oleh belanda waktu menjaja indonesia). cengkeh sansibar ini sepertinya bukan berasal dari negara kita karena negara asal dari cengkeh sansibar ini adalah negara yang terdapat di daereah afrika… cengkeh berbuah normalnya setiap tahun satu kali… sehingga setiap tahun penduduk minahasa merayakan suatu acara syukuran yang diberi nama “pengucapan“.

adapun kegunaan-kegunaan dari cengkeh di indonesia cengkeh sering digunakan saebagai penyedap rasa pada makanan (bumbu makanan), selain itu juga negara kita menggunakan cengkeh ini sebagai bahan pembuat rokok kretek. di daerah jepang dan cina cengkeh digunakan sebagai dupa. sedangkan dibidang kedoketeran minyak cengkeh digunakan untuk menghilangkan sakit gigi. selain itu minyak cengkeh mempunyai manfaat untuk menghilangkan bau mulut. (sumber: wikipedia.com)

di daerah sulawesi utara banyak sekali pohon cengkeh dan ini merupakan salah satu aset utam di provinsi sulawesi utara sehingga sebagian besar mata pencahraian penduduk sulawesi utara adalah bertani cengkeh… namun akhir-akhir ini harga cengkeh mulai menurun kelevel jauh dari sebelmunya… sehingga penduduk minahasa mulai mencari alternatif pekerjaan lain… hal tersebut disebabkan mulai menurunnya permintaan cengkeh di dunia pasar…

bagi teman-teman yang ingin berbagi pengetahuan tentang pasar cengkeh bisa mengisi post saya…

terima kasih atas perhatiannya…

No comments:

Post a Comment