Friday, November 12, 2010

Wine

Knipprath Cellars


oke... pagi yang cerah dikota malang... kali ini aku mau share sedikit tentang wine...

suatu hari hiduplah seorang kakek tua dengan cucunya di sebuah desa terpencil nanjauh dari perkotaan... desa yang damai, di penuhi dengan kebun anggur, dan... loh... kok jadi dongeng???... maaf... maaf salah liat skript...

nah ini cerita sesunggunya... WINE... apa sih itu???... minuman yang terbuat dari anggur???... hehehh... bukan... bukan... dalam hal ini WINE merupakan suatu aplikasi yang berjalan pada linux... buat apa wine itu???... wine digunakan untuk menjalankan suatu aplikas dari windows pada sistem operasi linux... kalo menurutku WINE adalah WINdows Emulator, tapi aku gak bisa memastikan kalo itu arti sebenarnya dari wine karena pada website resmi dari wine tidak mencantumkan hal itu...





tapi ternyata setelah aku liat di websitenya, ternyata wine ini tidak hanya digunakan untuk linux saja namun bisa juga digunakan dalam MAC, solaris, dan BSD... walaupun aku belum pernah mencoba ke tiga OS tersebut... hihihihh...

oke... lanjut lagi wine merupakan aplikasi yang gratis... wewwww... betapa baiknya para developernya memberikan aplikasi seperti ini secara gratis... bagi pengguna wine mari kita berterimakasih kepada developernya.... satu... dua... tiga... "trima kasih developer wine"... hehehh....

nah... skarang pengalaman saya tentang wine... emang baru diinstall sih jadi msh blm banyak pengalaman, lagi pula aku masih pemula di ubuntu... alasan saya untuk memakai wine adalah, buat make paket tracert dari cisco, untuk kerja tugas jarkom ama adsis... krna aku msih blm tau kalo program ini ada yang buat linux, kalo ada aku minta linknya donk... hehehh,,, oke.... kemudian aku coba install wine, dan akhirnya paket tracert bisa ternistall dan berjalan dengan baik, bisa open course-course yang biasa dijadikan tugas pas jarkom, buat ngesave... mmm... oh iya aku lupa nyoba hal itu... hahahh... nanti aku coba lah mudah-mudahan bisa...
apa aja yang berjalan baik di wine bisa dilihat di websitenya wine....

buat main game gimana???... aku blm nyoba sih... tapi kemaren liat teman main dota di win7 trus kepikiran bisa gk sih kalo dijalanin di wine... katanya internet sih bisa, tapi aku belum nyoba... nanti kalo da nyoba aku kasih tau... hahahah...

nah skarang kepikiran lagi, lah kan pake ubuntu karna mencoba untuk menghindari bajakan, lah kalo di instal game kan sama aja nanti, bajakan juga... iya ya... yaaaa... iya sih, tapi kan aku bilang aku bukan anti bajakan cuma pengen mencoba hal baru... hahahh... kalo dibilang 100% antibajakan... munafik skali aku ngaku-ngaku gitu... hehehhh...

so kesimpulannya wine bisa membantu kita dalam melakukan hal-hal yang hanya bisa dilakukan di windows... trus, buat hal bajakan aku rasa di dunia digital, sangat susah untuk bisa mengakui "aku loh pake sesuatu yang legal (100% all stuff)"... kalo ada two thumbs up for you... tapi berbuat baik lah selama kita masih bisa berbuat baik, kan masih bisa main game-game yang lain, yang gak kalah serunya... terutama yang gratis, tapi jarang ya... hahahhh... ya pinter-pinteran kita lah nyari alternatifnya... hehehh....

oke semoga berguna... cheers... glek glek... glek glek... hei... ini bukan artikel tentang minuman anggur tapi tentang linux... hahahahh...

God bless you all...

No comments:

Post a Comment