Friday, December 17, 2010

sound dari jack pada ubuntu 10.04 (spiker external)

Oke... setelah kurang lebih 3 bln mnggunakan ubuntu, akhirnya masalah saya tentang sound yang keluar dari jack laptop dapat trpecahkan... Hehehehh... Gimana caranya... Coba cari file alsa-intel-hda-optiplex di google trus download deh filenya tuh, filenya berbentuk instalernya ubuntu ('.deb') jadi bisa di jlnkan langsung tnpa pake terminal... Klo uda di download d dobleklik aja filenya trus install, hbis instal slesai coba d restar komputernya... Dan kmudian coba pasang lagu... Dan hasilnya tada... smua berjalan lancar, skrg spiker laptop dan spiker eksternal lewat jack laptop berjalan lancar...

percobaan ini dilakukan make ubuntu 10.04 ktanya sih klo yg 10.10 itu uda gk jd msalah... Dengan laptop asus k42je, player rhythmbox, dan spiker eksternal merek i-tech, aku blm nyoba buat headset, krna headset nokiaku hilang... Hiks2...

Untuk sound dr spikernya laptop langsung aku ud lupa cara installnya tp kykx dulu itu nginstal alsa ama pulseaudio klo gk salah... Hehehh...

mungkin anda menemukan banyak artikel yg serupa dengan solusi pd artikel ini, berarti sumber dr artikel ini dari sana, aku ud lupa soalnya liat dr mana sumber aslinya... Hihihihhh...

Smoga bermanfaat... GOD bless u all...

2 comments:

  1. Mas saya make asus k42je, os ubuntu 10.04, sound kadang keluar kadang ngga itu masalahnya apa y mas?

    ReplyDelete
  2. mmmm... saya kurang tau ya mas/mba zero... tapi kalo dipunya ku sih lancar2 aja dan slama ini gk pernah ngalami yang bigituan...
    cuma kadang masalahnya kalo dari jack, ada suara2 yang mengganggu gitu... dan solusinya laptopnya di restart baru benar lagi...

    maaf mas aku masi blm bisa kasih solusi coz msi kurang paham tentang hal itu... mungkin itu masalah hardwarenya... tapi gk tw lgi ya... coz kita kan laptop ama osnya sama..

    ReplyDelete